Sabtu, November 17, 2012

EKONOMI KREATIF DENGAN SENI BUDAYA TASIKMALAYA

Kota Tasikmalaya, 17 Nopember 2012
Hari itu jam analog di handphoneku menunjukkan pukul 09.34, udara di Kota Tasikmalaya begitu dingin setelah hujan mengguyur pagi hari, menggantikan sinar mentari yang biasanya menemani langkahku di Kota Tasikmalaya pagi hari. Semakin dingin kurasakan saat memasuki Mayasari Plaza, senyuman satpam berseragam hitam-hitam menyambut aku dan Kak Rei (nama samaran, :-D ) yang berjalan beriringan menuju eskalator ke lantai satu.

Setelah setengah jam mengisi seminar kepenulisan di sebuah SMA di Kota Tasikmalaya membuatku ingin melepas lelah di foodcourt Mayasari Plaza, tapi tujuan utamaku adalah sebuah toko buku yang sering aku kunjungi semenjak aku masuk SMK sampai sekarang -- sampai-sampai karyawan toko buku itu mengenaliku--, ah, ternyata toko bukunya belum buka.

Suasana di Mayasari Plaza lantai dua begitu berbeda dengan berdirinya sebuah panggung pertunjukkan dan kursi-kursi pengunjung yang ditata dengan rapi dan menarik, tak luput dari penglihatanku beberapa stand berbaris membebtuk huruf U di sekitar kursi-kursi penonton. Stand-stand itu menghadirkan prakarya dan seni khas Tasikmalaya, dari mulai batik Tasikmalaya, payung geulis, kelom geulis, dan kuliner khas Tasikmalaya. 

Satu hal yang menarik bagiku dan Kak Rei adalah fotografi. Stand itu memajang hasil jepretan para fotografi Tasikmalaya, dengan berbagai judul yang menarik hasil jepretan mereka benar-benar menunjukkan keindahan pariwisata Tasikmalaya dan juga aktifitas ekonomi masyarakat Tasikmalaya.



Ternyata yang kami hadiri saat itu adalah Pekan Seni Budaya Ekonomi Kreatif se-Priangan Timur, menurut penyelenggara acara ini, event ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan daerah sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi kreatif Nasional. Banyak para seniman yang terjun di event ini, ada pencak silat anak-anak, opera komedi anak-anak, pertunjukkan Keroncongan, Angklung, sampai dengan pertunjukkan deklamasi puisi berbahasa Sunda. Tak ketinggalan juga salah seorang pelukis asal Tasikmalaya yang menunjukan keahliannya melukis sebuah pemandangan sebuah tempat wiasata di Tasikmalaya.




Pertunjukkan seni budaya ini tidak hanya ada hari itu saja dan di tempat itu saja, ada beberapa tempat yang juga menampilkan pertunjukkan seni budaya. masih di sekitar daerah Tasikmalaya. 

Dengan event ini juga selain membangun ekonomi Tasikmalaya ternyata menarik orang-orang di luar Tasikmalaya untuk lebih mengenal Tasikmalaya juga bagi masyarakat Tasikmalaya event ini menambah pengetahuan dan juga menerapkan kecintaan para mojang priangan untuk lebih mengetahui sejarah Tasikmalaya, potensi perkembangan ekonomi Tasikmalaya dan juga produk-produk khas Tasikmalaya.

1 komentar:

  1. Sayangnya ga lagi mudik, jadi ga bisa ikut mampir di acara ini. :D

    BalasHapus